Perjalanan dan Persinggahan

Wajahnya tampan. Janggutnya tak melebihi genggaman. Pakaiannya bersahaja, tetapi terkesan jatmika. Diamnya berwibawa. Bicaranya fasih penuh makna. Jika duduk, dia seakan besi berani yang menarik kumpulan baja untuk mengelilinginya. Jika berjalan, seketika orang-orang mengiringinya tanpa canggung, bahkan justru bangga. Jika berkendara, manusia berebut memegangi kekang tunggangannya.

Demikian kira-kira para penulis menyifati penampilan Sang Nashirus Sunnah, Muhammad ibn Idris Asy-Syafi’i.

Lelaki alim ini dikenal dapat mengunggang kuda tanpa pelana sembari memegangi kupingnya. Ketangkasannya dalam jemparingan juga masyhur. Jika dia membidikan 10 anak panah, tak ada satu pun yang luput dari sasarannya. Tetapi anehnya, Imam Asy-Syafi’i selalu berjalan dengan bertelekan tongkat meski usiannya masih muda dan tubuhnya masih perkasa.

Maka, seseorang bertanya, “Buat apa engkau bertongkat, padahal umurmu masih belia dan badanmu pun tampak kuat?”

“Untuk senantiasa mengingatkan diri,” ujarnya sembari tersenyum, “bahwa aku ini hanya musafir yang mampir. Singgah untuk mengabdi saja, tidak tinggal selamanya.”

Sungguh hikmah tinggi dan kebijaksanaan yang terpuji. Bertongkat demi menginsyafi bahwa hidup ini adalah perjalanan dan dunia ini hanyalah persinggahan.

Inilah kesadaran pertama yang harus dihidupkan di dalam diri kita, orang-orang yang mencurigakan sekali, bahwa kita semua hanyalah musafir yang meniti jalan menuju hidup hakiki tetapi kini terdampar sejenak didunia yang penuh goda.

Dalam hal ini, Rasulullah SAW. Bersabda :
Apalah artinya dunia ini bagiku? Apa urusanku dengan dunia? Sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan dunia ini ialah seperti pengendara yang berteduh di bawah pohon, dia beristirahat sejenak kemudian meninggalkannya.
(HR. Ahmad, At-Tirmidzi, Ibn Majah dan Al-Hakim)

Dinukil dari buku #mncrgknskl

Karya Salim A. Fillah & Zaky A. Rivai.

Pondok Kelapa

120618.21:19

#satuharisatutulisan

#semogabermanfaat

#semogaistiqomah

Ade M. Badriah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s