Tanya Jawan Grup Iqro’ Bagian 2

Pertanyaan Ukhti Sa’adah
Mau nanya kak, tanggung jawabnya gimana kalau sehari belum dapet hafal 2 lembar? Saya pribadi yg gampang pesimis­čśö

Jawab

Ustadzah Siti Fauziah Waruhu: Cek sistem tadi dek. Insya Allah bisa ko kamu mah. Masih muda kan? Umur ga kalah┬▓ amat sama nenek saya yg pengen jadi hafidzoh meskipun beliau ga bisa baca tulis. Rabun juga.
____________________________

Pertanyaan Ukhti Yomi Ashofi Jadi kalo misal ngafal demi ortu atau mau ngasih hadiah terbaik ke ortu di akhirat nanti termasuk yg belum lillaah kah, Kak? Hmm, atau yg dimaksud ngafal demi ortu di sini beda konteks?

Jawab

Ustadzah Siti Fauziah Waruhu: Itu bagian terkecil dari motivasi kita kemarin. Itu buah dari motivasi terbesar. Percayalah, hadiah itu diberikan kepada tangan┬▓ yg emg ngejar itu hadiah. Kecil bedanya hadiah tergantung apa yg kita perjuangkan. Makanya kalo Ummul mukminin pernah ngeluh ke Rosulullah, maka beliau dikasih hadits begini dari sang suaminya; _Yaa ‘Aisyah, pahalamu tergantung kadar payahmu._ Mahkota buat ortu, itu buah dari menjadi Ahlu Qur’an. Kaya kamu kerja tempat org lain, terus ortu kamu ikut terkenal dan dikenali oleh yg ngasih kamu kerjaan. Ortu kamu dikasih hadiah┬▓ juga. Intensif mah beda dari keterkenalan tadi.

___________________________

Pertanyaan Ukhti Tesya Silvania:

Apakah niat juga jadi salah satu indikator sulitnya menghafal ayat?

Jawab

Ustadzah Siti Fauziah Waruhu: Jelaslah. Masing┬▓ org dapet sesuai yg diniatinnya. Coba aja ngafal demi ortu. Bakal capek sendiri. Coba aja ngafal demi harga diri di mata org, bakal redup sendiri. Ga ada abisnya kalo muasin dunia mah. Yg perlu diingat, kalo niat udh bener tapi ko ya blm hafal┬▓, bukan berarti Allah ga ridho. Bukan berarti Alqur’an ga seneng sama kita. Husnuzhon makanya. Justru di situ Al-Quran lagi pengen lama┬▓ bareng kita. Krn gimanapun, menghafal itu kan bagian dari kalkulasi pahala. Bagian dari teknis ngapus┬▓in dosa┬▓. Bisa jadi dulu sebelum hijrah dan fokus ke Al-Quran dosa kita terlanjur banyak. Jadinya proses ngafal itu bagian dari ngapus┬▓in dosa kita. Nikmatin. Jgn panik.

______________________________

Pertanyaan Dari *Hamba Allah:*
_”Nanya : untuk menghafal, ada orang yang memiliki gaya belajar auditorik. Saran dari kaka, rekomendasi untuk membantu menambah hafalan Qur’an ustadz/ah/syekh siapa? (Yg bisa di download di internet), Terus kalau kaka sendiri lebih suka dengerin yang mana ? Kalau nada surat al-anfal yang pernah kaka rekam, itu nada nya cenderung mirip┬▓ ke siapa? Mau download full, buat bantu hafalan.. atau kalau versi ka ziah bisa di download, mau link nya dong .._

Jawab

Ustadzah Siti Fauziah Waruhu:

Udh gede gini, saya lebih banyak dengerin murotaal yg udh saya rekam dan setor sebelumnya. Ini nyambung ke pertanyaan no 6 ya. Saya tipikal yg gabisa ngafal dg mendengar. Kudu baca sendiri. Krn iramanya suka┬▓ bikin sendiri. Tergantung pemaknaan ke ayat┬▓ tadi. Jadi, Al-anfal yg pernah saya kirim ke *penanya no 6,* itu asli irama pribadi. Makanya oleng┬▓an. Kalo mau, ini ada lagi nih, tak kirim versi surat┬▓ lainnya. (canda). Atau kalo mentok banget, sesekali denger murotaal di rumah, itu juga kebanyakan Syaikh Mishary. Krn bacaannya cepet┬▓an.

WAG Iqro’280818

Dinukil

AMB

Pondok Kelapa,120918;02.54

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s