Bacalah Al-Qur’an dan Menagislah_Tanya Jawab

Bacalah Al-Qur’an dan Menangislah.

Jika tidak dapat menangis, paksakanlah dirimu untuk mengis
H.R. Ibnu Majah

Tanya : Ibad

Ustadzah

Bisa tolong jelaskan ke kami. Apa arti tangis dalam hadits tersebut?

Jawab : Ustadzah Siti Fauziah

Maksud hadits itu anjuran utk kita membiasakan tadabbur apa² yg kita baca/hafal. Ga sekedar hafal atau rapal. Membiasakan nyerep ke iman. Ke benak maupun perasaan. Untuk dipikirkan. Ntah itu tentang ayat² ancaman, rahmat, seruan, serta hikmah² lainnya.

Memang ga mesti tiap baca surat nangisnya, cuma sebaiknya kita terbiasa bergetar/tersentuh sama ayat² yg dibaca/disimak. Kalo hati udh bergetar, tersentuh, tanpa sadar *airmata jatuh.* Inget dosa², inget kelalaian, inget standar kita di sisi Allah bahkan perbandingan kita dg hamba lainnya.

Kalopun ga bisa nangis utk poin² tadi, cobalah nangis grgr *ngerasa gabisa tersentuh dan bergetar saat baca Al-Quran.* Ini yg dimaksud pura² tadi, gerbang ikhtiar kita utk bisa tetep nangis. _Ngerasa ko ya payah banget sih jd manusia? Ko gini amat sih hati ini?_ Hadirkan pertanyaan² serupa yg akhirnya bikin nangis juga. Jadi nangisnya itu bukan grgr tadabbur ayatnya melainkan tadabbur ko ga bisa nangisnya.

Krn gimanapun, tangis yg tumpah pas baca/nyimak/muroja’ah/hafalan identik dg kebiasaan para hamba² Allah terpilih yg hatinya emg gampang disinari celah hidayah, tanda² insan² Sholihin/sholihat. Abis nangis biasanya ada efek yg muncul. Ntah itu tazkiyatun nafs, resolusi hidup dsb yg isinya kemantapan hamba.

Dulu Rosulullah kalo hatinya lg sedih atau ngerasain hal lainnya, biasanya beliau itu ngibur diri dg cara macem². Kita sering temukan di beberapa shiroh kisah²nya. Kadang dg ngelus kepala anak yatim, nyuruh Bilal adzan, ziarah kubur dan mendoakan mereka, sholat, *atau beliau minta tlg sahabat tertentu (suatu waktu beliau request ke Abdullah bin Mas’ud) utk baca Al-Quran.* Krn sahabat ini termasuk sosok yg bersuara merdu. Makanya kalo suara kita kadang² berasa ga ngaruh ke iman kita sendiri pas didengerin, gpp minta tlg org yg kita kenal (ntah sisi suara maupun penghayatan ayat) utk bacain kita suatu surat. Kita simak bacaannya dan terbawa sama bacaannya. Kaya Rosulullah yg nyimak Mas’ud yg baca surat An-nisa. Pas penggalan ayat 41, Rosulullah minta beliau berhenti baca. Krn ayatnya udh bikin Rosulullah kejer nangisnya.

————————

Tanya : Tesya Silvania

*Tadabbur penting banget!!*
Tapi kalau hanya sekedar tersentuh belum sampai menangis apa masih keras hatinya terhadap Qur’an ustadzah? 👀

Jawab : Ustadzah Siti Fauziah

Sentuhan itu tergantung level sensitivitas si hati sendiri. Kalo hati ibarat kaca, maka ga selamanya kaca yg retak dan terbanting itu krn efek kurang hati² dlm memperlakukan. Bahkan tanpa disentuhpun si kaca bisa retak sendiri. Bisa jadi krn efek lainnya, ntah itu krn panas dsb.

Hatipun sebenarnya sama sih, sederas apapun nasihat qur’ani menyentuhnya kalo hatinya emg msh Allah tutup ya mau gimana lagi. Bukan berarti berhenti di titik ini utk bisa nangis/bergetarnya. Mungkin butuh hal lainnya, sepeti kaca yg butuh matahari dengan suhu panas yg lebih tinggi. Atau butuh intensitas gelombang bunyi yg lebih kencang sampe si kaca retak sendiri memantulkan getaran.

Kadang² utk bisa mentadabburi ayat² Allah itu kita butuh segala sesuatu yg bertebaran di alam. Butuh metode² yg bisa menjembatani hal² tadi. Metode ampuh yg bikin kita balik dan ngecek Al-Quran tentang apa² yg kita temukan.

Makanya Allah itu ngasih hidayah ke org² tertentu ga selamanya lewat Alquran maupun hadits dulu. Tapi kadang lewat dalil aqli. Seperti kisahnya Nabi kita Ibrohim yg nyari hakikat keberadaan Allah, atau para Ilmuan yg terjebak beriman lewat temuannya dan back to Alqur’an. kan.

Pun begitu kisah² bergetar dan menyungkur wujudnya para sahabat terketuk hidayah. Ga semuanya ujug² lewat Alquran, tapi lewat pemaknaan tentang Al-Quran yg blm mereka baca itu tampil di gerak-gerik para sahabat yg udh duluan berislam. Khususnya dari akhlaknya Rosulullah. Mereka nyari data dulu lewat akhlak² ini, baru deh minta dikuatkan dg Alquran. Kaya kisah berimannya ‘Umar salah satunya. Wallahu’alam

——————–

Tanya : Yomi Ashofi

Kalo misal berada di titik “Allah nutup hatinya” (na’udzubillah 😢) itu utk memantaskan diri lagi supaya Allah jadiin hati kita lembut gimana cara/tipsnya, Kak?

Jawab : Ustadzah Siti Fauziah

Pertama sih bersyukur msh ngeh hal ini. Kedua, syukur aja ga cukup kalo ga lgsg berbenah. Jgn cuma jadi hamba Allah yg demen ngaca. Tapi jadilah cermin. Kalo jadi cermin, jadilah cermin yg datar. Yg mampu memantulkan wajah² Islam dg jelas, berkelas. Ga jd cermin yg cembung, endingnya jd hamba yg lebay (nilai² Islam diberat²kan, dilebih²kan, negur dan bertutur suka ketinggian dimaknai org², ga nyambung, terlalu kaku, melakolik, hidupnya dibawa drama, dsb, jadinya org enggan berbenah). Jgn pula jadi cermin yg cekung, cermin yg kurang asertif.

WAG Ruang Iqro’

190918;21.41

Peresume : Ibad

Pondok Kelapa, 190918;22.21

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s