Tantangan yang Membuat Semangat Konsisten

Yapz benar adanya ketika ada tantangan, kita akan lebih bersemangat untuk konsisten dengan kebiasaan baru yang akan kita bentuk.

Contonya adalah konsisten untuk One Day One Juz. Bergabung dengan komunitas ini menjadi langkah awal untuk memulainya. Tak di sangka Aku mampu membaca satu hari satu juz ketika bertemu dengan komunitas ODOJ.

Ketika kita berusaha untuk konsisten, pasti ada hal-hal yang membuat kita sulit dalam menjalankannya, akan ada alasan-alasan yang selalu menjadi pembenaran untuk diri sendiri.

Bahkan pernah saking lemah dan kecewa dengan diri sendiri karena belum konsisten membaca satu hari juz. Ingin rasanya keluar dari komunitas ini.

Beberapa kali pernah mengajukan diri dan beberapa kali itu juga selalu dikuatkan oleh Mba Santi, yang merupakan admin dikelompok kami.

Alhamdulillah, sampai hari ini Aku masih menjalankan ODOJ setiap hari.

Titik balik konsisten itu, ketika Aku bertemu dengan Ustadzah Winarsih di level 5 tahsin di LBQ Ustmani. Ustadzah kami memberikan tantangan dalam satu level (3 bulan) pembelajaran Al-Qur’an denganya, kami harus 3 kali khatam. Ini pertanda Aku harus konsisten, minimal satu hari menyesaikan satu juz Al-Qur’an. 3 kali khatam Al-Qur’an di level ini menjadi syarat untuk mengikuti ujian.

Laporan di grup whatsapp juga di lakukan dan setiap pertemuan Halaqah denganya, Beliau menanyakan siapa saja yang tidak laporan dan kami akan melakukan iqob seperti kesepakatan bersama.

Alhamdulillah satu pekan lagi, kelas Al-Qur’an bersama Ustadzah Winarsih selesai. Dan Aku mampu menyelesaikan tantangannya tersebut.
Alhamdulillah.

Rasa Syukurku, karena Allah telah mengabulkan doaku, yaitu bertemu dengan orang-orang yang menjadikan Aku semakin mencintai Al-Qur’an.

AMB
Pondok Kelapa
Ahad, 210419:20.46

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s