Saat Menghafal Terasa Berat

Kita buka dengan taawudz basmalah kaya biasa ya, sila masing²

Yang barangkali lagi riweuh, semoga aktivitasnya dibantu dan diberkahi Allah.

Malem Senin pasca Ahad seharian, smg msh Allah kuatkan utk menyambut aktivitas esok hari.

Kita mulai ya. Ini materi barangkali ga asing dibaca dan didengar. Cuma memanggil di memori kita masing², siapa tau ada kesegaran baru. Ilmu itu kalo diulang² Insya Allah gampang nyerapnya. Itulah kenapa di Alqur’an itu banyak pengulangan kisah² supaya kita gampang mencerna.

Meskipun nanti di pertengahan saya lagi ngetik gpp kalo misal ada pertanyaan, lgsg dilontarkan aja ya. Berharap ga searah saya kulchatnya, kita sama² interaktif/aktif 🙂

Kenapa Menghafal Terasa Berat ga jauh² dari;
1. Kita sering sepeleh dlm melakukan dosa dan maksiat. Abai pada adab² keseharian (adab makan, minum, tidur, berpakaian, safar, bertamu, bermuamalah dst). Emang ngaruh? Pasti. Lama² lupa pada diri sendiri, hati abai dalam berdzikir, cenderung mengaktivasi hati dg perkara² tidak penting, akhirnya mati rasa pada Al-Qur’an. Pertama-tama hati enggan, lama² sungkan, endingnya seperti yg disebutkan tadi.

2. Abai kontroling/memutabaah hafalan, mengesampingkan Muroja’ah/pengulangan kontinu dan enggan nyetor/tasmih hafalan Al-Qurannya kepada org lain, teman/ustadzah.

Padahal ini urgent. Biar ga mendem di hati sendiri hafalannya.

Nah makanya urgent nyari org yg tepat utk jadi tempat kita setoran hafalan. Sebenarnya kalo rajin, gpp nyetor ke siapapun yg tepat selagi mereka udh bisa baca Al-Quran. Hafalan kalo udh disetorin itu rasanya lega. Percaya deh.

3. Porsi urusan dunia terlalu banyak/berlebihan, padahal ini tuh membuat hati selalu bergantung pada dunia.

Terikat kuat. Bangun dari tidur yg diingat lgsg dunia. Urusan² yg udh jadi rutinitas. Minim memikirkan hak² Allah yg harus ditunaikan hari itu jg dg bersegera sehingga dunia yg mengejarnya. Akhirnya hati jadi keras. Terus menerus mengejar dunia sehingga Allah pun menyerahkannya pada dunia. Na’udzubillah min dzalik. Yg telat harusnya sebelum tidur kita udh punya plans yg mau ditunaikan bangun tidur nanti. Begitulah Muslim. Tidurnya utk ngecas tenaga bentar. Biar las bangun udh siap menunaikan hak² Allah. Salah satu targetannya tiap hari ya berdekat² dg Alquran, hafalan, Muroja’ah. Itu.

Tanya : ‪+62 881-6174-085‬

Maaf ukhti, mgkn banyak diantara saudara2 kita yg ingin mencoba menghafal Al- Quran tp ngga tau bgmn caranya dan memulainya,

Jawab :

Betul. Ini punya langkah-langkah sendiri. Kenali diri kita. Itung usia skg, gunakan metode yg tepat. Krn masing² usia punya metode yg ga bisa disamakan. Ada yg pengen hafalan, tapi udh lansia. Sementara baca Al-Quran gabisa. Mata udh ga mempan pake kacamata. Cuma bisa pake indera telinga. Nenek saya contohnya. Tapi semangatnya melebihi kita yg masih muda. Dg senang hati, tiap hari beliau sengaja minta dibacakan berulang² surat² tertentu. Beliau nyimak. Memang sulitnya itu nyari temen yg available nemenin kita. Akhirnya lama², pelan² dg kesabaran beliau mampu menghafal ayat-ayat Allah meski beberapa. Sengaja sholat berjamaah biar bisa nyimak bacaan imam juga. Alhamdulillah, surat-surat tsb lah yg jadi sahabat beliau di hari tuanya. Kita mestinya ga kalah jg. Gunakan murotaal dan dengerin itu berkali-kali kalo emg sulit ngafal sendiri

Yg terpenting jgn putus asa. Makanya Allah himbau; Laa tai’asu min rouhillah. Jgn putus asa dari rahmat Allah. Bisa ngafal itu rahmat Allah yg ditumpahkan ke hamba² yg terpilih. Utk bisa dapet rahmat ini, ga gampang emg. Itulah kenapa jgn putus asa dulu.

4. Terburu-buru. Sekali hafalan lgsg banyak ayat yg diborong dlm waktu singkat. Seolah-olah lagi semangat full. Setelahnya lgsg berpindah ke ayat berikutnya. Enggan mengulang² hingga mutqin (kuat) terhafal. Ga sabaran. Pdhl ada banyak kategori yg harusnya diperhatikan;
– ada yg cepat hafal, sulit utk lupa
– ada yg lambat hafal, orgnya lambat lupa juga
– ada yg cepat hafal, tapi cepat lupa
– ada yg cepet banget lupa setelah lama banget ngafalnya. Ada. Kita di posisi mana?

5. Semangat di awal meluap². Menghafal sebanyak²nya tanpa perkiraan kemampuan diri dan manajemen yg rapi. Hampir mirip poin 4. Lalu ketika mendapati dirinya ga kuat menghafal, yg terjadi adalah putus asa, jenuh dan meninggalkan hafalannya. Dateng lagi pas org² di sekitarnya udh manas²in dg hafalan masing². Cemburu dadakan. Alhamdulillah kalo masih terketuk utk bergibthoh/cemburu. Kalo engga, pertanda hatinya emg terlalu payah utk sadar.

Bahkan ada jg yg saking hopelessnya, gonta-ganti hafalan. Awalnya terobsesi juz sekian, surat sekian. Krn merasa ayatnya panjang²/sulit, wis ganti juz, ganti surat. Pdhl itu bukan kendala seharusnya. Apa yg bikin surat itu terasa panjang dan susah dihafal? Karena kita jarang untuk sengaja tilawah di juz/surat yg pengen kita hafal. Kita kalo mau ke suatu tempat pasti mau tau dulu tempatnya gimana kan? Mau tau ada apa di sana. Brp lama jarak tempuhnya. Bakal gmn² perjalannya. Pasti ta’aruf dulu sama tempat tsb meskipun blm ke sana. Cari tau. Nah menghafal pun demikian. Sering² ditilawahin. Sering² ditadabburi. Biar lisan dan memori ga sulit utk melafazkan dan mengingatnya.

6. Labil. Plin-plan/ga konsisten untuk menghafal dalam kondisi sulit sekalipun.

Dengan iming² akan menggantinya di lain waktu. Ini sering kita temui dg pribadi² yg rapelan (di luar udzur syar’i ya).

Sampai di sini ada yg mau ditanyain dulu tak?

Tanya :
Untuk no 6 uzir syar’i yg diperbolehkan apa ustazah, krn jujur, sy trmasuk golongan yh rapelan

Jawab :

Sakit, atau ngurusin org sakit. Selain itu ada masa²nya bener² sulit utk ngafalin, ini bisa terjadi jg bagi yg udh konsisten ngafal, rajin setoran suatu waktu semangatnya nurun. Kalo lagi di kondisi ini beh ga dipaksain. Dg syarat panggil semangatnya kita lewat tadabbur ayat, atau baca buku pembangkit keimanan. Baca shiroh jg bagus. Jgn bacaan berat² khawatir mental. Minta org lain utk ngebacain kita surat tertentu/hafalan yg sedang dihafal. Nanti pelan² hatinya kembali rindu ke hafalan. Krn kita lagi di posisi futur.

Udzur syar’i itu sebenarnya bisa dikenali hati kita masing². Bagi yg imannya bagus, Insya Allah ada standar sendiri bagi dirinya. Misal emg lagi riweuh banget sama kerjaan yg gbs ditinggal, wis gpp. Yg penting tanggung jawab sama hafalan tadi. Krn org yg bener² rapelan krn udzur syar’i itu beda nantinya.

Tanya :
Ustadzah…ada bbrp ayat yg mydah d hafal ada yg lamaaa d ulang” tp blum hafal” 🙈 gmna itu ustadzah

Jawab :

Khusus ayat itu baiknya ditadabburi dulu. Itu versi saya. Bahkan nyari tafsirnya. Bisa jadi ayat itu unik. Pengen diperhatikan lebih. Atau ada pesan tertentu utk kita lewat ayat tsb. Disuruh Allah nyari tau. Nah penting jg ada tafsir di rumah. Biar kalo ketemu ayat² unik tadi, kita lgsg bisa nyari tau di tafsir. Selain itu, sengajainn ngulang² itu terus dulu, jgn geser ke yg lain sampe ayat tsb hafal mutqin.

Tanya :
[10/2 21:01] ‪+62 857-1623-4704‬: Klw buku tafsir ny blm ada gmn ustazah.

Jawab :

Gpp, kan ada Mbah gugel skg. Cari web yg shahih. Atau boleh nanya² di sini kalo nemu ayat² unik tadi. Gpp, nanya aja. Jgn sungkan. Nanya ke diri sendiri, tapi endingnya bermanfaat utk semua penghuni grup ini. Unta merah banget kan yah jadinya🤭

7. BELUM BENAR² CINTA PADA Al-Qur’an.

Cek hati kita, adakah penyimpangan² dalam niat kita? Sehingga tidak utuh menuju keridhoan Allah? Hanya jadi niat² yg berceceran di jalan² dunia sehingga terasa jauh dan lama sampai kepadaNya? Adakah kita menghafal karena cinta pada kalamNya? Atau terlalu berbangga dg titel² yg kelak disandang? Bahkan hanya sekedar menyelamatkan diri dari prasangka orang², agar tak dicela kosong hafalan? Sesungguhnya cinta pada Al-Qur’an akan mampu menggerakkan. Kepayahan bukanlah beban. Keterbatasan bukanlah penghalang. Waktu padat tak menghambat. Jika cinta, pasti siap utk berkorban. Endingnya dari cinta tsb, hafalan akan jadi akhlak. Perangainya merujuk ke hafalannya.

Itulah kenapa penting untuk selalu;
_Ikhlas._ Apapun kondisinya. Bagaimanapun beratnya. Payahnya menaklukkan diri sendiri. Selalu ikhlaskan niat² kita. Keikhlasan akan menuntun pelakunya saat tertatih-tatih ataupun ingin berhenti agar kembali pada obsesi jernihnya. Mengingat balasan² dari Allah, keistimewaan² di sisi Allah, tbtb semuanya menguatkan jiwanya. Sama kaya kita lagi futur, inget mati jadi nyadarin lagi. Atau lagi semangat beribadah, pasti krn ga jauh² krn lagi (di)rindu Surga.

_Menjaga wudhu,_ usahakan sholat 2 rokaat sebelum memulai hafalan dan selalu *doa* kepada Allah setiap waktu di semua kondisi ttg kemudahan dan kesanggupan menghafal. Memperbanyak doa saat semangat menghafal biar ga jatuh ke lembah jenuh malas menghafal. Berdoa biar dimampukan menghafal dan mengamalkan, krn kesanggupan itu lahirnya dari dlm diri/hati. Betapa banyak jasad² yg sehat wal ‘afiah tapi terkalahkan oleh hamba² yg diuji Allah keterbatasan fisik dll. Betapa banyak hamba² yg sibuk tapi ternyata mampu menguasai keseluruhan Al-Qur’an, mengalahkan hamba² yg banyak waktu luangnya.

_Tentukan target dan kadar harian._ Rapikan semua jadwal. Bulan ini mau hafal surat apa aja/juz berapa. Tahun ini harus punya berapa banyak hafalan. Tuliskan. Azzamkan. Buat perjanjian ke diri sendiri. Jadikan Allah sebagai saksinya. Minta Allah membantu impian² itu. Jadikan doa harian. Minta supaya dijadikan Ahlu Qur’an. Dimatijan dalam keadaan mengamalkan Al-Quran. Bagi waktu dg teliti.

Inget² lagi. Jadikan semangat dlm diri, kalo hafal;

1 ayat/hari= kita akan khatam 17thn 7bl 9hari
2 ayat/hari= kita akan khatam 8thn 9bln 18hari
3 ayat/hari= kita akan khatam 5thn 10bln 13hari
4 ayat/hari= kita akan khatam 4thn 4bln 24hari
5 ayat/hari= kita akan khatam 3thn 6bln 7hari
8 ayat/hari= kita akan khatam 2thn 2bln 12hari
10 ayat/hari= kita akan khatam 1thn 9bln 3hari
14 ayat/hari= kita akan khatam 1thn 3bln aja
17 ayat/hari= kita akan khatam 1thn 10hari
20 ayat/hari= kita akan khatam 10bln 16hari
1 halaman/hari= kita akan khatam 1thn 8bln 12hari
2 halaman/hari= kita akan khatam 10bln 6hari.

Skg sisa waktu kita masing² berapa lama? Ga ada yg tau. Smg Februari udh nambah juz. Minimal nambah surat baru meski blm bisa move on dari juz 30

Daaaaan, jgn lupa. Setiap huruf yg kita ucapkan pas baca Al-Quran dapet 1 kebaikan dg bonus dilipatgandakan jadi 10 kebaikan yg tercatat. Dalem kalimat ﷽ aja ada 19 huruf, kalo diitung kita bakal dpt bonus kebaikan sebanyak 190. Naah gimana dg ayat² lainnya? Maasyaa Allah yg kalo di muroja’ah artinya kita selalu menambah poin² tsb jadi berlipat-lipat. Apalagi tiap aktivitas keseharian kita jg selalu deket dg lafazh tsb di luar aktivitas menghafal. Itulah kenapa, kalo ayatnya susah terhafal, jgn hopeless. Jgn putus asa. Pertanda Allah ingin kita menumpuk kebaikan dari pengulangan ayat² tsb. Sekaligus penghapusan dosa² di masa lalu! ☺

Sebelum ditutup, ada satu pernyataan via japri dari adik shalihah; sholat Sunnah sebelum hafalan itu bagaimana kak+niatnya? Pertanyaan ini barangkali ada yg sama² butuh jawabannya di sini. Maka kita jawab di sini ya. Siapa tau besok atau sebentar lagi mau dieksekusi.

Sholat Sunnah biasa. Sunnah yg dimaksud ada yg karena hajat tertentu atau tanpa hajat. Nah, boleh pilih aja ntar. Kalo mau hafalan dan dipermudah hafalannya, bahkan hajat tertentu selain hafalan jg boleh. Otomatis kita pilih sholat sunnah hajat. Waktunya bebas, di luar jadwal sholat wajib, asal ga di waktu haramnya sholat. 2 rokaat minimal. Maksima boleh sampe 12 rokaat. Niatnya; _Usholli sunnatal haajati rok’ataini lillahi ta’aalaa._ aku niat shalat sunnah hajat 2 rakaat karena Allah.

Sekedar tambahan, kalo lagi kangen Allah. Atau hati lagi gundah. Sedih. Galau. Dsb. Atau mau ngisi waktu dg sholat di luar sholat wajib, boleh lakukan sholat mutlak. Ini bukan sholat krn banyak hajatnya. Tbtb aja gitu pengen sholat, wis sholat. Wudhu dulu tapi. Niatnya; _Usholli sunnatal rak’ataini lillahi ta’aalaa._ Aku niat shalat sunnah 2 rakaat krn Allah. Udh gitu aja.

Kita tutup dg istighfar. Barokallah fiikum. Selamat menyempurnakan ibadah malem ini. Smg bsk ada yg bersedia jadi alarm utk ngingetin lanjut materi. Besok Senin Insya Allah, jgn lupa shoum bagi yg bisa dan mampu. Siapa tau hafalan ikutan nambah di ujung malem ntar ☺

Narasumber :

Ustadzah Siti Fauziah Waruhu

Dinukil oleh : AMB

WAG Iqrom13

Ahad,100219

20.17-21.35

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s