Tanya-Jawab Materi Thaharah

Pertanyaan 1
Dari Fulanah:
_Aku masih belum paham, dua kulah itu setara berapa?_

Jawaban Ustadzah Ziah:

Masing² negara beda ukuran sebenarnya dek. Cuma skala internasional udh sepakat kalo 2qullah itu 270 Lt

#

Pertanyaan 2
Dari Hamba Allah
_Sejauh mana kriteria sangat sulit dihilangkan utk najis Mutawassitah ‘ainiyah (najis yang nampak)?_

Jawaban Ustadzah Tesya :

Najis sedang (mutawashitho) yaitu segala sesuatu yang keluar dari dubur dan qubul manusia dan hewan, barang cair memabukkan dan bangkai (kecuali bangkai manusia, ikan laut dan belalang) serta susu, tulang, dan bulu hewan yang haram dimakan.

Sesuatu yang tersebut diatas yang sulid dibersihkan maka ikuti saja anjurannya yakni dibilas sebanyak 3 kali.

#

Pertanyaan 3
Dari Ukhtina
_Kalo misalkan -maaf- celana dalam kita ga ilang bekas najis haid nya gmn ka ? Jadi kayak masih ada noda hitam²nya gitu.. Susah bgt diilangin krn udh berkali². Trus kalo kita pake sah ga sholat kita ? 😂_

Jawaban Ustadzah Tesya :

Nah ini bentuknya seperti pertanyaan sebelumnya yang sulit dihilangkan 😄
Kalau begitu dibilas hingga tidak ada wujud, bau dan rasanya. Kalau masih ada gimana? Baiknya sih dihindari saja pemakaiannya karna yang namanya mengahadap sang Ilah tentulah harus dalam keadaan bersih dan cantik 🤭
Tapi jika semua maaf (celana dalam) begitu Insya Allah dimudahkan, asal sudah ada ikhtiar membersihkan setidaknya hingga baunya tidak ada. Wallahualam.

Jawaban Ustadzah Ziah :

Nah iyap. Ini sejalan dg kisah dan hadist Rosulullah. Dulu tuh ada seorang shohabiyah, namanya Khaulah bin Yasar dtg ke Rosulullah. Nanya;
_”Yaa Rosulullah, saya hanya memiliki satu baju, dan ketika haid, saya mengenakan baju ini.”_ Dijawab sama Rosulullah; _Jika kamu telah suci, cucilah bekas yg terkena darah, kemudian pakai baju itu utk shalat.”_ Nanya lagi Khaulahnya; _”Gimana kalo ga hilang, ya Rosulullah?_ Dijelasin sama Rosulullah lagi; _“Cukup kamu cuci pake air, dan ga usah pedulikan bekasnya.”_ Ini ada dlm riwayat Abu Daud & Baihaqi.

#

Pertanyaan 4
Dari akhwat
_Mau tanya, lebih ke memastikan.._
_Air liur kucing itu suci kan ya ? 🙏🏻 Soalnya kucingku suka gigit² mukena kalo aku sholat_

Jawaban Ustadzah Tesya :

Suci Insya Allah, karna dibagian lidah kucing ada gerigi yang fungsinya membasmi kuman dibulunya. Itulah kenapa liur mereka ndak haram kayak liur anjing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s