MANHAJ MENGHAFAL AL-QUR’AN

Oleh: Ustadzah Siti Fauziah Waruhu, S.Pd., Gr.

➖➖➖➖➖

Manhaj menghafal Al-qur’an ada aneka ragam. Metode/manhaj yg kita pake bisa aja nantinya diseragamkan. Cuma di prosesnya tergantung temen² mau nyesuain diri kaya gimana. Kita cuma ngasih wadah dan saran khusus mau menej waktu dg cara apa. Itukah kenapa kita punya hastag *#SahabatMenghafalmu.* Kami selaku tim sedang belajar untuk itu.

Pertanyaannya, mengapa hafalan kadang suka lupa? Kadang ada ayat yg dulu udh hafal terasa asing? Kenapaa? Okelah kalo pada jawabnya; kebanyakan maksiat. Blabla. Itu tau. Tapi ada lagi hal yg bikin kita ditegur pelan. Ada.

Pertama, kita sama² harus ngaku dan ga boleh ingkar tentang jatah hidup yg dikasih ke kita dlm sehari. 1×24 jam. Itu juga ke depan gatau beneran nyampe 24jam kita hidup atau setengah hari doangan. Yg perlu kita sisihkan adalah, 2jam utk ngafal/hari. *HARUS.* Itu utk akhirat kita. Utk cita² Alquran yg kita perjuangkan tadi. 2 jam doangan makenya. Utk brp banyak hafalan? Untuk 1halaman/hari. Segitu aja. 2jam/1 halaman/1hari. Ini bisa dikurangi sesuai kesanggupan diri. Batas kemampuan diri. Laa ikrohaa fiddiin. Masuk Islam aja ga dipaksain, apalagi ngafalin. Cakep tuh kaya Roger Danuarta, masuk islam niat banget dari sebelum²nya. *Random

Kedua, kalo 1 hari/1hal, utk dapet 1juz kudu brp hari? 20hari. Right? Krn standar isi Qur’an itu 604halaman. Jadi kita butuh waktu 1thn 8bulan 4hari biar bisa 30juz. Bagi aja, kalo 1hari per 1halaman, otomatis kita butuh 20hari utk 1 juz. Awal Desember kita bisa ngumpulin brp banyak? *1,5juz.* 2018 sisa brp bulan? Ya sisa segitu doang. Brp banyak kita kumpulkan bareng²? Itung aja. Kuat kan ya? Bisa ko, Insya Allah. Tapi inget, ini manhaj ga disamaratakan. Sesuai form yg temen² isi. Nanti oleh kami diarahkan mulai ngafal brp². Insya Allah tdk akan diberatkan

Ketiga, kita bicara teknis ya. Ini termasuk manajemen waktu. Krn tadi manhaj/metode udahan (aja). Kita butuh 2 jam. Ngafalinnya gini, bagi² aja;
📌Setengah jam pertama dipake pas bada tahajjud/sebelum sholat subuh. Naaah. *INGET! Al-Qur’an itu melekat di jiwa org² yg seneng sholat tahajjud.* So, jaga di waktu ini. Setengah jam ini bagi lagi aja. 10menit utk baca/denger, di target halaman pertama. 20menitnya utk ngafalin. Gitu. 30 menit aja. Komit di situ

📌Satu jam berikutnya, pake utk nyetor dan ngulang di tiap dua waktu fardhu;
1. Sebelum sholat
2. Sesudah sholat

Masing² *6* menit doangan. Sisihkan di situ. Lebih bagus lagi dipake pas sholat² sunnah. Setor di sholat itu. Gitu terus. Jgn bosan. Krn yg lebih membosankan itu adalah nyerah sama diri yg ga komit.

📌Setengah jam sisanya, pake utk ngulang hafalan jelang tidur. Enough.

Anw, teknis itu masih bisa diubah, lagi² sesuai kemampuan diri. Jgn maksain diri kalo emg takarannya ga mampu. Simpelin. Ambil yg termudah. Nanti cerita aja ke ustadzah pembimbingnya. Terbuka aja. Kemukakan kendala diri. Insya Allah dipapah

Pahamilah. Pahami banget. Inget². Resapi. Bawa ke otak dan hati. Dimampukan menghafal Al-Quran adalah Rahmat Allah yang ditumpahkan pada hambaNya. Tengoklah surat Ar-rohmaan. Apa nikmat pertama yang disebut? Ar-rohmaan. _’Al-lamal qur’aan._ Bayangkan. Seolah² Allah berkata langsung: _Wahai hambaKu. Kuijinkan engkau menjaga kalamKu._

_…Maa anzalnaa ‘alaykal Qur’ana litasyqoo. Kami tidak menurunkan Alqur’an ini agar engkau menjadi susah._ ( Thohaa:2).

Jadi, berhentilah su’udzon pada Al-Qur’an dengan berkata sulit tilawah. Sulit menghafalkannya. Sulit ngejar ketertinggalan. Sulit ngalahin nafsu. Sulit gaya belajarnya. Helaah. Allah udh ngomong di Al-Qur’an gitu juga masih aja nyulitin diri. Taubat

➖➖➖➖➖
*#SahabatMenghafalmu*
©Iqro’ Warobbukal Akrom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s