Games Level 11 – Day 10 – Ketika Anak Bertanya

Bismillah

Waktu presentasi di WAG : 29-02-2020

Jadii, kita bakal belajar sikap ketika anak2 bertanya dan bagaimana menjawabnya 😁
Diriku sudah punya adik pas belm sempet kepikiran itu 😅
Selamat malam para calon mamak yang selalu on belajar 😁🤭

Presentasi terkahir ya, 9 hari berlalu dengan materi yang masya allah.
Kami tinggal melengkapi.
Namun sebenarnya materi ini cukup berat juga 😅

Kita disini sama2 belajar 🤗
bicara tentang seks pada anak memang gampang-gampang susah yah, apalagi di era keterbukaan informasi seperti sekarang ini. Makin kesini selama 9 hari mengullas materi semakin sadar bahwa pendidikan seks itu penting tapi juga bingung bagaimana harus mengajarkannya.

Belum lagi kalau seoerang anak sudah tiba-tiba mengajukan pertanyaan. “Adek bayi asalnya darimana Ma?”, sudah cukup membuat kepala kita pusing tujuh keliling.

seperti penjelasan sebelumnya sebenarnya Saat anak usia 3-4 tahun, ia sudah mulai mampu mengenali bagian-bagian tubuhnya serta menyadari bahwa ada perbedaan antara anatomi tubuhnya dengan orang lain yang berlawanan jenis. maka sejak itulah ke kepan anak semakin meningkat.
bisa di baca di PPT juga yaa
pembukaan tadi sore tentang sebuah film mungkin cukup tergmbarkan tentang FAQ nya. dan pengalaman para teteh2 sekalian
Nahya-Bunsay: Nah, biar ga mencari tahu dari media lain 🤭 film dll ini yaa, kaya di cuplikan film
Psikolog Sani B Hermawan, Psi, menyebutkan tujuh sikap orangtua yang tepat untuk menjawab pertanyaan anak:

  1. Luangkan waktu dan mulailah dialog Bersikaplah aktif, jangan hanya menunggu. Sebagai orangtua, Anda perlu berinisiatif membangun dialog dengan anak, dengan memberikan pemahaman seks sesuai kebutuhan dan tahapan anak (lihat tahapan edukasi seks). Luangkan waktu bersama pasangan untuk membangun dialog dengan anak. “Jangan hanya menunggu anak bertanya kepada Anda, nanti terlambat, anak sudah telanjur merajalela mencari informasi dari luar yang belum tentu benar
  2. Terbuka dan informatif. Orangtua perlu lebih terbuka kepada anak-anak dalam mentransfer informasi. Terkait seputar seksualitas, orangtua perlu memberikan pemahaman sikap yang dibolehkan dan yang tidak. Tumbuhkan rasa malu dalam diri anak.. Misalnya, keluar dari kamar mandi tidak boleh telanjang, tetapi harus menutupi tubuhnya. Dengan cara ini anak bisa belajar bersikap dan membedakan sikap baik dan buruk seputar tubuhnya.
  3. Lengkapi dengan materi. Bekali diri dengan membaca berbagai referensi. Sempatkan waktu bersama pasangan untuk berdialog dengan para pakar. Sebagai orangtua dalam era pola asuh modern, Anda perlu membekali diri dengan berbagai informasi yang benar. Termasuk cara menyampaikan yang tepat kepada anak, misalnya tidak menggunakan bahasa kiasan, tetapi istilah ilmiah.
  4. Gunakan alat bantu Komunikasi lebih efektif jika menggunakan media atau alat bantu. Jika membutuhkan visualisasi, temukan gambar yang tepat untuk menjelaskan maksud Anda. Alat peraga seputar tubuh yang bersifat edukasi juga bisa membantu Anda.
  5. Menambah wawasan Jangan pernah bosan belajar menjadi orangtua, dengan menggunakan berbagai jaringan dan kesempatan bertemu para pakar.
  6. Tanamkan bahwa edukasi seks penting. Pemahaman orangtua tentang pentingnya edukasi seks tak seragam. Seks masih saja menjadi pembicaraan tabu yang dihindari. Padahal, dengan menanamkan kesadaran bahwa edukasi seks memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak, keluarga akan terhindar dari realitas sosial yang mengkhawatirkan. Pelecehan seksual atau hamil di luar nikah, misalnya.
  7. Diskusi dengan ahli. Pakar yang memiliki spesialisasi seputar seksualitas, termasuk psikolog, membuka ruang konsultasi bagi orangtua. Tak sedikit psikolog seksual yang memang menaruh perhatian besar dengan masalah seksualitas. Konsultasikan masalah keluarga, terkait seksualitas, kepada ahlinya. Dengan demikian, mendapatkan informasi yang tepat dan valid, baik dari segi kesehatan fisik maupun psikis
    Selanjutnya kita simak beberapa contoh pertanyaan anak tentang seksuali

*⃣Kenapa tempat pipis perempuan dan lelaki berbeda?

*⃣Aku tuh, keluar dari perut mama, bagaimana?

*⃣Setelah mandi, kenapa aku nggak boleh telanjang tapi harus pakai handuk?

etc…

kira2 jawabnya bagaimana?
dulu aku bingung juga pas keponakan nanya ke mamanya, ternyata memang pendidikan seksualitas itu sangat penting
ini kita sambil diskusi ya.

kalau para calon mamak disini, jawab apa ketika mendapatkan contoh pertanyaan seperti di atas?
kalau aku dulu pernah nanya, mama kok pakai pampers?

dapat jawabannya kurang puas sih kala itu 😅
Mungkin jika aku skrg jadi mama, aku akan menjawab “nanti kita ngobrol lg sblm tdur mama critain”

Kemudian gelagapan cari jawban 🤣
soalnya ada darah keluar.

auto nanya balik kok gak ke rumah sakit mah? bukannya kalau luka ke rumah sakit 🤣

terus mama cuma bilang darahnya bukan penyakit gak dijelaskan detail kenapa bukan penyakit
*⃣Kenapa tempat pipis perempuan dan lelaki berbeda?
Karena anatomi /bentuk tubuh Perempuan dan laki-laki diciptakan berbeda. Supaya terlihat nyata perbedaannya

*⃣Aku tuh, keluar dari perut mama, bagaimana?
Proses melahirkan melalui dorong an tubuh dan kamu keluar dari lubang mulut rahim

*⃣Setelah mandi, kenapa aku nggak boleh telanjang tapi harus pakai handuk?
Menjaga bagian tubuh paling penting. Kan sayang tubuhnyq
Aku jadi ingat. Di komik Hai miiko. Temennya miko Sampai menjelaskan lewat komik mengenai haid. Nah kalau pakai gambar begitu cocok tidak?
Ntaps sudah siap jawaban 😄
Oiya, pernah juga baca referensi, boleh menggunakan media. Yg menurut kita nyaman dan anak mudah mengerti.

Seperti kata manda kmrn juga, kita jadi bonding degn anak dan belajar bersama dari media. 😁
bener kak, apalagi kita berada di era yng kreativitas adalah hal urgent dalam penyampaian informasi
Kalau pertanyaan nya seperti ini, ada yang mau tambahkan jawaban gak??

Yuk, yuk, share ilmunya 🤩🤩
Sbnernya kl anak menanyakan kata baru semisal seks, aku sendiri pun mash kurg nyaman 🤣, diotak berpikir “dapat kata dari mana ini anak”
Kata seks masih sering dianggap ekstrim 😂
Padahal artinya jenis kelamin 😶
Ciuman tanda sayang. Tapi dilakukan dengan orang yang kamu sayangi dan sudah menikah
Kl pertanyaan nya “aku boleh ga minum asi lagi?” Gmnaa 🤭
ASI Ibu keluar sesuai kebutuhan. Ketika Kakak sudah besar dan tidak menyusu. ASI itu tidak akan dibuat tubuh Ibu.
Ada adek abis nonton film disney yg ada adegan ciuman nya, tanya “kok dia boleh ciuman, trs baru menikah” 🙃
Ini mah harus pilah pilih tonton an dulu
Sometimes, dia nonton sama saudara atau dirumh tmn, ketika tdk bersama ortu, huhu.
*film anak butuh sensor
Berbeda Pemahaman. Kalau ayah Ibu lebih meyakini menikah sebelum berciuman. Karena Tuhan lebih ridho seperti itu. Kalau Tuhan ridho Berarti kita di sayang. Kakak mau di sayang Tuhan juga?
kalau anak sudah di edukasi lebh awal tentang tontonan, biasanya anak akan milih2 kalaumau nonton.

dulu aku punya siswa privat, orangtuanya sibuk jarang di rumah tapi komunikasinya bagus. suatu hari lagi nyalain TV, terus ada film usia 15 ke atas, refleks sang kakak ngomong ke adiknya “kata mama kita belum waktunya nonton seperti itu”, ganti channel lain yuk. Anaknya kelas 5 sd kala itu
Wow
Ah kerennn,

Iya sih, bisanya anak kecil kl sudah mulai mengerti dia akn reflek tutup mata dgn adegan2 sprti itu, disitu kit bisa jg ya bertanya kenapa dll… Trs jadi momen untuk lanjut edukasi.

Kl msih lempeng2 aja pas nonton berarti blm mengerti 😅
Kalo awalnya reflek tutup mata tp lama2 makin besar dia mulai berani buka mata itu gmn ya teh kira2?.-.
Weleh ini mah becanda yaa
Berarti dia penasaran 😅

Orangtua harus jelaskan
Mulai tanya, “kmrn malu liat begitu, kok sekarang enggak”
Biarkan anak menjawab dlu, minta pendaptnya, baru deh edukasi seperti teh isya td
ini mungkin karena sang anak penasaran, bisa jadi juga beberpa pertanyaan belum terjawab. akibatnya semakin pengen tahu
kalau menurut psiklog, ketika anak mula penasaran dengan yang berbau seksualitas maka disinilah peran orang tua untuk edukasi.

alhamdulillah di iip kita belajar ini yah, jadi tercerahkan
Aku mau nanya.
Baiknya kalau mengenalkan anatomi tubuh ke anak-anak via gambar Ala kartun atau beneran neh
Bagaimana nyaman nya kita kak,
Malah dari referensi (lupa smbernya, dia talkshow) dikatakan kalau kita nyaman bisa pas memandikan anak sambil diberitahu juga, dimulai dari yg terlihat, lanjut ke yg tidak terlihat (lambung, paru2 kerongkongan, dll)

Day10 #Level 11 #fitrahseksualitas#ibuprofesional#bunsaypranikah#batch5

PTM-VJS Bekasi, 05032020:1946

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s