Games Level 11 – Day 9 – Peran Lingkungan dan Perlindungan dari Kejahatan Seksual”

Bismillah.

Waktu diskusi di WAG : 28-02-2020


Hai hai temans,
malam ini kesempatan kelompok 6 utk menyampaikan materi tentang “Peran Lingkungan dan Perlindungan dari Kejahatan Seksual”
Ini materinya , mangga di simak saya sambil menjelaskan yaa.. 😁
Ini tercatat pada tahun itu, apalagi di masa sekarang ini pasti tambah ngeri apalagi yang kemarin sempat jadi perbincangan panas ketika pemerintah mengeluarkan RUU PKS yang mana mengundang banyak pro dan kontra dari berbagai pihak..
Pas baca berita juga miriss ya, pemerkosaan anak kandungpun di lakukan oleh ayahnya sendiri 😭 sungguh kejaam
Menurut temen temen ada yang tau apa sih penyebabnya kejahatan seksual ini bisa tejadi ?
Ayo Teteh-teteh ada yang mau berpendapat? Hehe
Banyak faktor ngga sih Teh? Saya sampai pusing nyari referensinya karena pendapat ahli sangat beragam hehe
Apa saja itu Teh?
Mnurut data yang pernah saya baca juga ternyata secara tidak sengaja melihat ketika ortu di rumah sedang melakukan aktivitas seksual juga bisa jadi faktor penyebab, jadi pentingnya ortu utk mengenalkan pendidikan bab seks agar mereka paham itu tdk boleh dilakukan sebelum mereka menikah
Next ke slide selanjutnya yaitu mengenai jenis kejahatan seksual yg terjadi pada anak
Kejahatan seksual paada anak bisa berupa secara fisik dan non fisik ..

Secara fisik yaitu dg menyentuh meraba

Secara non fisik seperti mnyuruh anak berpose tdk wajar sehingga menjadi penyebab bangkitnya gairah seks bagi yg melihatnya
Sebelum menuju ke peran lingkungan , ini kita bahas peran keluarga yang mana perannya sangat penting karena menjadi lingkup paling dekat dg si anak,

Salah satunya dg utk ortu bisa mengedukasi si anak agar paham tentang seks yang benar, bagaimana pergaulan dengan lawan jenis, dan paham bagian tubuh mana yg boleh disentuh dan mana yg tidak .. ( sudah dibahas oleh kelompok sebelumnya 😁)
Yg kedua, lingkungan sekolah juga bisa diajak kerjasama utk menjaga dan mengawasi anak anak ketika disekolah

Yg ketiga ini gk kalah penting banget mnurut saya pun harus dilakukan, tapi memang sayang sepertinya tdk semua daerah melakukan tindakan ini yaitu mengawasi tempat warnet, tempat rental PS , tempat jasa print dipastikan tdk ada konten yg dapat merusak anak
Perlindungan yg bisa dilakukan seperti siAnak bisa di beri pemahaman juga mana org asing yg tdk dikenal, mana teman, mana mahram dan non mahram apalagi kalau si anak yang punya kepribadian ramah, supel gmpang bergaul maka sangat penting di beri pemahaman bagaimana cara beeinteraksi dg org lain
Sekian presentasi dari kelompok kami .. Hehehe

Kalau saya udah cukup jelas teh materinya πŸ‘πŸ‘πŸ‘
https://m.republika.co.id/berita/nasional/hukum/16/06/11/o8ls2x361-kpai-pelaku-kejahatan-seksual-di-bawah-umur-adalah-korban

Ini aku nemu mba Tata..
Karena waktu juga sudah larut, mari kita tutup diskusi malam ini. Kami dari kelompok 6 mengucapkan terima kasih atas partisipasi Teteh-teteh yang sudah menyimak dan aktif berpendapat. Mudah-mudahan apa yang sudah disampaikan Teh Tata bermanfaat ya untuk kita semua. Kami juga mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan ya Teh. Selamat beristirahat, Wassalamualaykum wr wb πŸ™

Day9#Level 11 #fitrahseksualitas#ibuprofesional#bunsaypranikah#batch5

Bekasi,050320:1935

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s