Why We Sleep Part 1

Today, I felt not well. I got a headache. After evaluation, maybe because I did not sleep well.

Alhamdulillah, this night when I open Youtube, I saw a review book “Why We Sleep” by author Matthew Walker. This book is review by Maudy Ayunda.

Matthew Walker, seorang Profesor Ilmu Saraf dan Psikologi di University Of California, Berkeley menuliskan buku berjudul Why We Sleep. Beliau sudah menjadi peneliti selama 20 tahun yang berfokus pada tidur.

Buku ini membahas tentang pengaruh jangka panjang dan pendek kurang tidur dan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur.

Ka Maudy membagikan insight yang ia dapatkan setelah mebaca buku itu.

Insight pertama, tidur punya banyak manfaat yang tidak terhitung.

Kita sering diajarkan cara untuk sehat dengan makan yang benar dan olahraga yang teratur. Tapi lupa bagiamana tidur yang teratur. Riset membuktikan tidur kurang dari 6-7 jam per malam. Kita melipat gandakan kemungkinan terkena kanker.

Kurang tidur itu enggak sehat untuk kesehatan mental kita. Otak akan menjadi lebih reaktif jika kita kurang tidur. Tubuh menjadi stress kronis dan kita lebih rentan depresi dan cemas.

Tidur juga menbantu menjaga berat badan. Tidur dapat mengatur nafsu makan dan membuat pilihan makanan kita lebih sehat. Kurang tidur meningkatkan hormon yang bernama ghrelin yang membuat kita merasa lapar, sekaligus menurunkan kadar hormon leptin yang membuat kita merasa kenyang.

Tidur memperkuat memori kita. Mempersiapkan otak untuk membuat ingatan baru, memperkuat ingatan tersebut dan mencegah lupa.

Untuk Insight keduanya bersambung ya.

I want to go to sleep.

bye bye.

Pondok Kelapa, 02-12-2022
21.11

Leave a comment